Review Breastpump

Review Breastpump
Cara Memilih Breast Pump yang Terbaik Untuk Anda

Sesuai dengan tujuan Gerai Laktasi, maka kami mencoba menyusun sebuah artikel mengenai cara bagaimana memilih breast pump yang sesuai untuk anda. Kami tidak ingin hanya sekedar berjualan mencari profit tapi kami berharap dapat membantu bunda yang ingin menyusui bayinya dan hal ini merupakan suatu satisfaction tersendiri bagi kami.

Sebenarnya anda dapat menggunakan tangan kosong untuk memerah ASI (kaya karate aja :> )…tapi “breast pump can be a big help“…sekali lagi ini bukan iklan ya….waktu memerah ASI untuk anak pertama saya menggunakan tangan tentang ini akan kita bahas lain waktu ya, saat ini focus pada cara memilih breast pump dulu.

Bila anda baru pertama kali ingin menggunakan breast pump maka memilih breast pump bisa menjadi hal yang membingungkan untuk anda. Ada berbagai merek di pasaran seperti Medela, Avent, Pigeon, Little Giant, Chicco dan lain-lain. Juga berbagai tipe seperti elektrik yang biasanya terdiri dari mini elektrik, single pump dan double pump. Sedangkan yang manual ada yang menggunakan piston, pump ball atau yang menggunakan tuas. Jadi yang mana ya?…

Hal yang harus anda pastikan terlebih dahulu adalah menentukan tujuan menggunakan breast pump ini untuk apa. Berikut beberapa fungsi breast pump :

* . Untuk memerah ASI, pada umumnya anda yang harus kembali bekerja tetapi tetap menjadikan ASI sebagai asupan utama bagi bayi.
* . Untuk menstimulasi peningkatan jumlah produksi ASI bagi anda yang memiliki jumlah produksi ASI sedikit.
* . Untuk menghilangkan rasa sakit pada payudara yang terasa “penuh” dengan mengosongkannya. Hal ini terjadi bila si bayi belum mau menyusui. Atau si bayi mempunyai masalah saat menyusui, misalnya bayi susah menempel (latch) pada payudara. Anda dapat memerah, menyimpan ASI dalam botol lalu memberikannya pada bayi anda.
* . Untuk menjaga produksi ASI. Contohnya anda harus meminum obat-obatan dari dokter. Karena khawatir akan mempengaruhi ASI anda tidak memberikannya tetapi anda dapat memerah dan membuangnya ( pump and dump) hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan produksi ASI (dengan tetap memompanya) sehingga bila pengobatan anda selesai anda dapat melanjutkan pemberian ASI tanpa menemui masalah produksi ASI yang berkurang.
* . Untuk membantu menormalkan bentuk putting seperti inverted or flat nipple.
* . Untuk membantu pemulihan setelah melahirkan. Hal ini berkaitan dengan produksi hormone yang dihasilkan saat anda menyusui atau memompa dimana hormone ini berfungsi untuk pemulihan paska melahirkan.
* . Atau anda sesekali ingin orang lain yang memberikan ASIp karena anda ingin istirahat atau tidur panjaaang (cape pulang kerja kali)…. ;>

Hal-hal yang sebaiknya anda ketahui mengenai breast pump

1.) Terdapat 3 macam metode pemompaan yaitu

a) Single pumps. Dimana breast pump memompa hanya pada satu payudara saja. Umumnya ditemukan pada manual breast pump tetapi yang electric juga ada yang menggunakan single pump ini. Pompa single pump ideal digunakan untuk occasional use atau untuk anda yang tidak bekerja penuh waktu atau full time mother. Penggunaan dalam waktu lama dan sering dapat membuat tangan anda lelah yang mengakibatkan efektivitas berkurang.
b) Double alternating pumps. Breast pump jenis ini memompa 2 payudara secara bergantian. Jadi ada 2 pompa bila satu memompa yang lain idak memompa. Pompa jenis ini dapat menstimulasi lebih baik dibandingkan dengan single pump.
c) Double simultaneous pumps. Breast pump yang terdiri dari dua pompa yang dapat memompa secara bersamaan. Pemompaan jenis ini memberikan stimulasi yang terbaik dan dapat memompa minimal 2 kali lebih cepat di bandingkan dengan jenis single pump. Dan memancing produksi ASI lebih banyak.

2.) Efektifitas.
Breast pump yang bagus atau efektif yaitu yang paling menyerupai hisapan alami bayi. Seorang bayi dalam satu menit normalnya menghisap sebanyak 45 – 55 kali dengan kekuatan hisap dari 0 mm Hg sampai 250 mmHg. Bila spesifikasi nya menyerupai bilangan tersebut maka breast pump itu dapat dikatakan efektif. breast pump saat ini banyak yang dilengkapi dengan pengatur kekuatan hisapnya sehingga anda dapat memilih daya hisap maksimal tapi tetap merasa nyaman.

3.) Daya tahan.
Khususnya pada jenis electric. Motor yang digunakan pada setiap electric breast pump berbeda. Ada yang didesign untuk heavy duty dan ada yang untuk occasionally use. Idealnya anda memilih sesuai dengan rekomendasi peruntukan yang disebutkan oleh produsen. Kemungkinan complain yang muncul oleh konsumen adalah karena mereka tidak menggunakan sesuai peruntukannya. Misalnya konsumen mengeluh mini electric breast pump nya setelah pemakaian beberapa bulan daya hisapnya berkurang, ternyata pofile konsumen ini adalah full time working mother yang menggunakan breast pump nya setiap hari 3-5 kali sedangkan pump nya didesign hanya untuk occasionally use.

4.) Kenyamanan.
Bahan dan ukuran breast shield sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan pada saat memompa. Pilihlah yang menurut anda paling nyaman digunakan.

5.) Tingkat kebisingan.
Sebaiknya anda mengetahui seberapa keras suara yang dihasilkan motor breast pump anda. Mungkin anda ingin memompa didekat bayi anda yang sedang tidur tanpa ingin membangunkannya atau anda tidak ingin menjadi pusat perhatian di tempat anda bekerja saat anda sedang memompa.

6.) Pilihan daya.
Pastikan anda sudah mengetahui sumber energy yang akan anda gunakan. Siapkanlah cadangan baterai. Akan lebih baik bila anda juga mampu memerah menggunakan tangan, hal ini penting pada saat darurat seperti mati listrik atau baterai habis. Masalah ini tidak anda temukan bila anda menggunakan manual breast pump.

7.) Portabilitas.
Bila anda berencana membawa-bawa breast pump ini setiap hari maka pastikan anda mengetahui beratnya dan sudah memiliki carrying case nya. Pastikan breast pump, botol, cooler dan dibawa dengan mudah tanpa merepotkan. Paket penjualan untuk double electric breast pump biasanya sudah termasuk carrying case dengan desain yang bagus dan dapat memuat semua keperluan anda pada saat memompa.

8.) Pilihlah breast pump yang mudah dibersihkan.
Anda tidak ingin waktu anda terbuang banyak untuk membersihkan atau merakit breast pump anda. Tips : ASI mengandung anti bakteri sehingga tidak perlu disteril setiap kali setelah dipakai, cukup disimpan di plastic yang ada kancing nya atau zipper bag atau wadah tertutup lainnya kemudian simpan di kulkas. Tetapi anda sebaiknya mensterilkan sehari sekali.

9.) Garansi.
Hal ini bukan berarti breast pump elektrik cepat rusak. Ikuti petunjuk penggunaan dan perawatan yang diberikan produsen. Pastikan breast pump anda terutama elektrik memiliki garansi dan ketersediaan suku cadang. Ada baiknya anda mempersiapkan rencana apa yang anda gunakan untuk memompa bila breast pump anda sedang diperbaiki.

Jadi breast pump yang terbaik itu tidak ada atau lebih tepatnya tidak tepat. Yang ada adalah breast pump yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan yang anda perlukan atau yang sesuai dengan profile penggunaan anda. Breast pump yang paling mahal bukan berarti yang paling baik, yang jelas yang paling banyak menghabiskan uang anda. Pilihlah breast pump yang dapat membantu mencapai tujuan anda menggunakan breast pump tersebut.

Sekarang kita lihat kategori breast pump,

1.) Hospital grade double electric breast pump.
Sesuai namanya breast pump ini memiliki standar kualitas rumah sakit. Beberapa kondisi yang mengharuskan penggunaan breast pump ini misalnya bayi anda lahir premature atau keadaan bayi yang tidak dapat menyusui langsung ke ibunya. Maka anda membutuhkan pompa yang cepat , efisien dan yang dapat menstimulasi proses produksi ASIi dengan baik. Sehingga supply ASI anda lebih terjamin ketersediaannya. Breast pump ini ukurannya paling besar , berat dan paling mahal dibandingkan dengan jenis breast pump lainnya.

2.) Top end electric personal use breast pump.
Pompa jenis ini sangat ideal untuk anda yang kembali bekerja secara full time. Pompa jenis ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan hospital grade dengan ukuran yang lebih portable sehingga memudahkan mobilitas anda. Umumnya paket penjualan untuk pompa ini sudah lengkap, termasuk carrying case yang dapat memuat segala keperluan yang anda butuhkan dengan desain yang bagus, cooler ice dan botol untuk menyimpan ASIp. Pompa jenis ini menggunakan double pump sehingga membuat waktu pemompaan menjadi minimal 2 kali lebih cepat. Anda tentu tidak menginginkan meninggalkan pekerjaan lebih lama untuk ijin memompa ASI bukan?

3.) Mid range electric or battery operated breast pump
Pompa jenis ini sangat cocok untuk anda yang tidak terlalu sering berpisah bengan bayi anda atau occasionally use. Lebih affordable dan, biasanya menggunakan single pump. Proses pemompaannya juga otomatis lebih lama. Hal yang kadang menyusahkan adalah anda harus sering mengganti baterainya (bila tidak menggunakan adaptor). Beratnya juga ringan tidak sampai 1 kg. menggunakan electric pump harus lebih hati-hati jangan sampai ASI masuk ke motor nya.

4.) Manual breast pump
Jenis pompa ini ada beberapa macam. Ada yang menngunakan piston, lever dan pump ball. Bahkan ada yang menggunakan kaki untuk menggerakkan pistonnya. Umumnya membutuhkan dua tangan untuk mengoperasikannya. Waktu yang digunakan juga umumnya lebih lama. Keuntungannya dibanding jenis yang lain yaitu paling murah, paling ringan, paling tidak berisik. Ideal digunakann untuk occasional use, megosongkan payudara yang penuh atau anda yang bukan full time working mom.

Pada kenyataannya setiap orang memiliki preferensi yang berbeda. Misalnya, walaupun Top end double electric breast pump secara teori ideal untuk anda yang bekerja penuh waktu tetapi ada pengguna yang merasa lebih nyaman dengan manual breast pump dengan alasannya masing-masing. Dan walaupun secara teori jenis manual lebih lama tetapi bila sudah terbiasa maka pengguna dapat melakukannya dengan lebih cepat dan dengan hasil yang cukup untuk kebutuhan bayinya. Produsen breast pump juga tidak menjamin hasil yang didapatkan akan sama untuk setiap orang. Ada banyak factor yang mempengaruhi produksi ASI, nanti kita bahas ya. Sekali lagi yang terpenting adalah anda dapat mencapai tujuan yang di inginkan dalam menggunakan breast pump. Bila sebuah pompa ASI dapat membantu mencapa tujuan anda maka itu adalah breast pump terbaik untuk anda.

Sebagai catatan : breast pump itu seperti barang pribadi seperti sikat gigi yang hanya digunakan untuk 1 orang saja, kalau bisa jangan menggunakan breast pump bekas karena ASI dapat terkontaminasi bakteri dan virus yang dapat tertinggal di pompa ASI dan menularkannya kepada anda dan bayi anda seperti HIV, Hepatitis dan cytomegalovirus. Menggunakan collection kit tidak menjamin aman menggunakannya.

Hospital grade breast pump digunakan oleh banyak orang tetapi pompa jenis ini aman karena memang di desain untuk digunakan oleh banyak orang (tidak ada ASI yang masuk ke dalam pompa) selama anda menggunakan collection kit anda sendiri. Bahkan ada merek breast pump yang membatalkan garansinya apa
bila personal use digunakan oleh orang lain atau menggunakan second used breast pump.

O iya sebagai tambahan terakhir saya ingin memberikan tips, jadikanlah memompa itu sebagai suatu yang menyenangkan, seperti mengerjakan hobi, jadi melakukannya dengan senang juga jangan terbebani dengan suatu keharusan untuk mendapatkan sekian ml, nanti stress sendiri…. :>
Semoga artikel singkat ini bermanfaat, happy breastfeeding

www.GeraiLaktasi.com
by Dian Anggraeni

Komentar ditutup.