Selamat Datang di Negeri Spa

Indonesia layak menyandang negeri spa. Maklum ada ribuan spa yang tersebar di sejumlah kota dan daerahnya. 80 persen di antaranya berada di Jakarta dan Bali, sisanya di kota lain seperti Yogyakarta, Solo, dan Bandung. Daerah lain juga mulai banyak memiliki spa, termasuk di Bangka. Seperti apa perkembangan spa di Bali, Jakarta, Bangka, dan daerah lainnya belakangan ini?

Dengan jumlah ribuan spa, Indonesia kian mantap menjadi negara tujuan pelayanan spa tingkat dunia. Sejumlah spa di Indonesia, terutama di Bali, sudah meraih beragam penghargaan sebagai gerai spa terbaik di dunia. Bahkan Bali pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran dan seminar “International Spa, Herbs and Natural Cosmetics” di Hotel Westin, Nusa Dua beberapa tahun lalu.

Industri spa di Bali berkembang pesat karena didukung sejumlah faktor. Pertama, tingkat kunjungan wisatawan baik wisnus maupun wisman lebih tinggi dibanding daerah lain sehingga pilihan untuk ber-spa semakin terbuka. Kedua, tradisi dan lingkungan di Bali sangat mendukung perkembangan industri spa berikut produk pendukungnya. Dan ketiga, layanan spa di Bali memiliki ciri khas tersendiri yang sulit ditemukan di tempat lain.

Layanan Spa di Bali tidak hanya dikenal wisman di Bali, juga belakangan juga dapat dinikmati wisman di beberapa negara tetangga. Pasalnya sejumlah pebisnis telah melakukan kerjasama dengan industri spa di Bali untuk membuka cabang layanannya di luar Indonesia. Kendati begitu tetap saja, banyak wisman yang berbondong-bondong ke Bali untuk ber-spa kendati di negaranya ada cabang spa gaya Bali. Faktor atmosfir Bali menjadi penyebabnya, kareta tak mungkin di dapat di negaranya.

Industri Spa Bali bukan cuma mampu menjaring wisman untuk datang, melainkan pula sudah mampu mengekspor bermacam produk terkait spa seperti jamu-jamuan, minyak atsiri, dan rempah-rempah dengan tujuan ekspor ke negara-negara di kawasan Asia, Australia, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa. Dengan kata lain, industri spa di Bali sudah menjadi salah satu subsektor andalan dalam industri pariwisata setempat, selain alam dan tradisi budayanya.

Bali, surganya pecinta spa

Spa di Bali sangat banyak dengan konsep yang berbeda. Hampir setiap sudut di Pulau Dewata, ada spa-nya termasuk di hotel dan resort. Spa-spa di Bali menawarkan sensasi berbeda.

Spa-spa di Bali memiliki ciri khas tersendiri berupa massage bagi tamunya sambil menikmati semilir angin pantai seperti yang ditawarkan sejumlah spa di hotel & resort yang ada di Seminyak, Legian, dan Nusa Dua. Sementara di Ubud dan kawasan pegunungan lainnya, spa-spa nya menawarkan massage dan paket lainnya sambil menikmati semilir angin berhawa sejuk pegunungan dengan pemandangan lembah-lembah hijau, sungai, dan teras-teras sawah.

Terapi yang ditawarkan antara lain pemijatan tradisional khas Bali dan pemijatan khas dari negara lain. Selain itu ada gaya ayurvedic (termasuk tetesan minyak panas di kepala), yang konon kualitasnya lebih bagus dibanding yang ada di Singapura.

Saat berlibur, berbisnis maupun bertugas di Bali, Anda dapat memilih spa untuk mendapatkan kembali kesegaran fisik, jika, dan pikiran. Sejumlah spa di Pulau Dewata ini tersebar di berbagai tempat. Pertama di Kuta dan sekitarnya. Di kawasan wisata mancanegara ini, banyak sekali spa dari kelas high sampai yang harganya miring. Spa yang berada di hotel atau resort harganya jelas jauh lebih mahal dibanding spa kelas pinggir jalan.

Spa yang ada di kawasan Kuta & Seminyak antara lain The Prana Spa di Seminyak. Spa ini kerap dikunjungi wisman yang inap di hotel tersebut. Spa ini berkonsep tradisonal Bali bercampur India. Bahkan interornya bergaya India. Paket treatment-nya antara lain mandi kolam dingin dan kolam hangat dilanjutkan dengan scrub dengan crystal salt dan rain bath. Kemudian body masker dan steam, terus massage. Kalau mau juga meni-pedi.

Ada lagi shirodara, yakni kening dikucuri minyak hangat yang berkhasiat mengatasi penyakit susah tidur atau insomnia. Setelah mendapatkan terapi ini, dijamin Anda mudah tidur. Juga ada hot stone massage untuk melemaskan otot-otot Anda yang kencang dan kaku.

Taman Merah Spa di Jalan Raya Petitinget, Seminyak diminati pengunjung terutama tamu Bali Islands Villas. Konsepnya modern minimalis dengan pijat tradisional. Salah satu terapi di spa ini The Bali Ritual yang terdiri atas pijat tradisional bali selama 60 menit dilanjutkan dengan pilihan body scrub, facial, ataupun krimbat tradisional. Selama pemijatan diberikan aroma tropical ocean yang lembut, musik yang menenangkan ditamabh bunyi air mengalir. Usai mandi diberi minuman penutup berupa sari asam segar. Selain itu ada terapi refleksologi, dan lainnya.

Bali Ratu Kuta Spa di Jalan Ciung Wanara, Kuta menawarkan terapi pijat dengan minyak sesuai dengan jenis kulit Anda dan total perawatan kecantikan secara alami. Paket perawatan yang ditawarkan antara lain Bali Ratu Sweet Honeymoon (2 jam), Bali Ratu Rhapsody (2 jam), Bali Ratu Prince Spa – khusus pria (2,5 jam), Bali Ratu Angel Spa – khusus wanita (2,5 jam), dan lainnya.

Selain itu ada Martha Tilaar Spa, Bodyworks, Jari Menari di Jalan Seminyak sekitar 200 meter Utara Jalan Kunti, dan The Banjar Villas & Spa-Kerobokan yang berada di Jalan Bumbak, Kerobokan-Kuta dengan panorama sawah terasiring. Villa ini menyediakan fasilitas spa room. Jadi penghuni villa-nya dapat menikmati treatment spa di kamar pribadinya secara lebih privacy.

Spa kelas dunia

Sementara kawasan Ubud dipenuhi spa kelas dunia. Di sana, Anda bakal menemukan sejumlah spa yang dapat mengembalikan ketenangan raga dan jiwa dengan melihat pemandangan pegunungan yang hijau dan indahnya sawah bertingkat khas Bali.

Contoh spa yang ada di Ubud antara lain Ayung Spa di Cahaya Dewata Resort yang terletak di tepi Sungai Ayung. Spa ini menawarkan banyak perawatan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat baik bagi tubuh dan menghasilkan efek yang dapat mempercantik dan memperhalus kulit serta menyegarkan pikiran. Di spa ini, Anda dapat menikmati perawatan di bale spa yang terletak di bukit dengan rimbunan pepohonan di sekitarnya sembari memandang aliran Sungai Ayung yang mengalir di bawahnya.

Cahaya Dewata Resort terletak tak jauh dari pusat budaya Ubud. Dengan perjalanan selama 10 menit , Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang berbagai kegiatan kesenian di Ubud seperti pameran lukisan, tari-tarian, upacara agama Hindu, seni pahat, dan lain-lain. Resort ini dapat dicapai dengan menempuh perjalanan selama 1 jam dari Bandara Ngurah Rai melewati Bypass dan jalan-jalan kecil pedesaan masyarakat Bali.

Kalau Anda suka dengan pijat tradisional Bali, pergi saja ke Bodyworks Ubud. Pijatnya dengan minyak kelapa dan minyak talon. Tempatnya biasa saja, tapi pijatannya luar biasa. Dijamin tulang-tulang rusuk dan kepala Anda akan lebih ringan setelah dipijat oleh ahli pijat yang menguasai titik-titik pijat yang benar. Kalau Anda dipijat langsung dengan guru pemijat, biayanya dikenakan jauh lebih mahal sebab lebih hasilnya jauh lebih mantap.

Spa lainnya berada di Maya Ubud Resort & Spa yang menawarkan suasana tenang dengan gaya dan interior yang luxury. Selain itu Kupu Kupu Barong Villas & Spa yang menawarkan deretan spa villa yang eksklusif dengan bath tub mewah terbuat dari tembaga kemerahan dan taman dengan bebatuan paras putih yang diukir seniman Bali.

Bisa juga ke Kamandalu Resort & Spa yang berdiri di atas perbukitan di atas Sungai Petanu yang menghadirkan suasana damai. Atau Furma Xclusive Villas & Spa yang menghadirkan hamparan sawah bak permadani raksasa yang mengelilingi villa dengan udara segar lengkap dengan akomodasi modern. Pilihan lain ke Anahata Villas & Spa Resort yang menawarkan pemandangan Sungai Petanu di kaki bukit vila.

Lokasi ber-spa di Bali lainnya, ada di Nusa Dua yang merupakan kawasan pariwisata kelas dunia di Bali. Di Nusa Dua terdapat sejumlah villa, hotel & resort yang memiliki fasilitas spa.

Spa yang ada di Nusa Dua antara lain di Nusa Dua Spa, Nusa Dua Beach Hotel and Spa yang menawarkan bermacam terapi spa bagi tamunya. Hotel bintang 5 ini berada di keindahan Pantai Nusa Dua yang disinari cahaya matahari, 23 acres gardens yang menggambarkan sebuah oasis space dan kedamaian dengan ciri khas eksotik Bali.

Pilihan lain ber-spa di The Aston Bali Resort & Spa yang berlokasi di Tanjung Benoa, Nusa Dua. Spa di resort berbintang lima ini menawarkan pelayanan pijat dan spa, lengkap dengan mandi uap dan pelayanan pijat di kamar. Resort ini dipercantik dengan kebun yang indah paduan budaya Barat dengan Bali.

Kawasan Jimbaran juga dipenuhi spa antara lain Gallery Spa Bali yang berada di Kompleks Sari Jimbaran, Blok Kemuning yang khusus melayani perawatan khusus pria dengan pelayanan yang hangat dan ramah. Paket yang ditawarkan antara lain Egypt Queen (2 jam) berupa treatment dengan nutrisi susu di bath untuk menghaluskan kulit, Burble Prince (2 jam) terapi mandi dengan samphoo khusus dari ujung kaki sampai rambut yang membuat tubuh Anda 99 % lebih bersih, dan paket Sleeping Beauty (1,5 jam) berupa pemijatan dengan pijatan khusus dilanjutkan dengan aromatherapy.

Anda masih punya banyak pilihan lain seperti Aroma Talk Jimbaran di Jalan Raya Kampus Udayana, Ayutaya Spa Jalan Bingin Sari Pondok Belong, Maha Spa Jalan By Pass Ngurah Rai Gang Mertasari, Lesung Spa at Keraton Jimbaran Resort Jalan Mrajapati, Spa Uluwatu at Intercontinental Hotel Jalan Uluwatu 45, dan Sekar Jaga Boutique Spa & Salon Jalan By Pass Ngurah Rai. Masing-masing spa memiliki kelebihan pelayanan tersendiri. Anda bisa pilih sesuai hati. Selamat menikmati spa di Bali.

Tips ber-Spa di Bali

Banyak spa di Bali. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda ber-spa dan tentunya isi kantung Anda. Sebab banyak spa yang mematok paketnya dengan harga dolar. Tapi banyak pula dengan kurs rupiah. Jadi semua tergantung budget dan paket yang Anda inginkan.

Sebaiknya tanyakan dulu harga paket dan manfaatnya sebelum membeli paket spa tersebut. Jangan sampai Anda tidak punya dana tapi memilih spa dengan harga tinggi sementara Anda kurang puas dengan treatment spa tersebut.

Pilih lokasi spa sesuai atmosfir yang Anda inginkan. Kalau suka atmosfir pantai pilihlah spa yang berada di pantai seperti di kawasan Kuta, Seminyak, dan Nusa Dua. Bila suka dengan pegunungan dan lembah-lembah, ambil spa yang lokasinya berada di pegunungan/perbukitan seperti di kawasan Ubud.

Beberapa spa di Bali memekerjakan masseuse (perempuan) dan masseur (laki-laki). Di beberapa spa, aturannya tamu pria ditangani pria dan tamu perempuan ditangani perempuan. Ada pula tenaga terapinya perempuan atau laki-laki saja. Karena itu, sebelum booking sebaiknya Anda harus ketahui keinginan Anda apakah ingin dilayani oleh terapis pria atau wanita agar privacy Anda tetap terjaga dan perawatan yang Anda inginkan maksimal.

Sumber: Majalah Travel Club
Peta Lokasi :

Komentar ditutup.