Sejarah Heroik di Tugu Pahlawan

Sejarah membuktikan bahwa Surabaya punya andil yang besar terhadap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peristiwa yang tak pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia adalah Pertempuran 10 November 1945.

Jika anda ke Surabaya pastilah belum lengkap tanpa mengunjungi Areal Tugu Pahlawan yang bersejarah ini, di areal Monumen Tugu Pahlawan diceritakan tentang pertempuran 10 November 1945, di monumen yang juga dijadikan simbol kebanggaan arek-arek Suroboyo inilah banyak kisah haru dan heroik menghiasi suasana diareal monumen ini.

Terutama di museumnya yang banyak menceritakan tentang pertempuran heroik arek suroboyo pada 10 Nopember 1945 melawan tentara Sekutu yang diboncengi NICA, juga ada cerita seputar peristiwa terbunuhnya Jenderal Mallaby dan penurunan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo di Hotel Yamato sekarang Hotel Majapahit Oriental, sayang saya tidak bisa memotret untuk di areal museum ini, tapi untuk ukuran sebuah museum yang pernah saya kunjungi, museum diareal Tugu ini terawat dengan baik, dengan fasilitas yang cukup bagus untuk sebuah museum di Indonesia, dengan dilengkapi eskalator dan lift sebagai penunjung ramp tangga menurun menuju ruang museum.

Dari cerita cerita tentang persahabatan dan perjuangan heroik di museum inilah yang membuat saya menarik kesimpulan kalau orang Surabaya asli atau yang pernah menetap di Surabaya bangga dengan panggilan “arek suroboyo”.

O ya Tugu Pahlawan bisa kita kunjungi dari sudut mana saja di kota surabaya karena didirikan di jantung kota Surabaya. Dan dari Tugu inilah kita juga bisa melihat kantor Gubernur Propinsi Jawa Timur, terus berjalan ke Bank Indonesia bahkan mungkin ke Kantor Pos Besar atau ke pusat perkulakan terbesar untuk Indonesia Timur yaitu Pasar Turi.

Ok Gan…Saya tunggu anda di Tugu Pahlawan, MERDEKA !

Lokasi :

Penulis : kingdevas.wordpress.com
Foto : Google
Sumber: Navigasi

Komentar ditutup.