Tips Wisata Ke Bali dengan Biaya Ekonomis

Jika anda berencana akan bepergian ke Bali,tetapi dana yang anda miliki Pas-pasan.Disini akan kita ulas sedikit tips yang mungkin dapat membantu rekan-rekan untuk tetap mewujudkan impian berwisata ke Bali dengan Biaya yang Ekonomis.

*Transportation :
1. Disini yang harus anda cermati adalah sarana Transportasi yang murah namun tetap nyaman.
Banyak sarana transportasi dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali dan beberapa pilihannya adalah :
Bus , yang harus anda cermati dalam pemilihan Bus di Terminal adalah Reputasi Bus itu selama ini (anda dapat melihatnya dari Forum Bus Community).Lalu jangan terpancing oleh para calo yang selalu mengejar anda,maka lebih baik membeli di counter resmi(biasanya kalau di Terminal kadang2 juga masih bisa ditawar koq asalkan tidak pada hari2 liburan).Bus Malam ada beberapa Macam,ada yang Bisnis,executive,dan economy.dan kalau ingin berhemat pilihlah yang Economy namun track recordnya baik(lumayan dapat berhemat hingga 50Rb dari yang kelas Bisnis).
Kereta , disini hanya ada satu kereta dari Stasiun Surabaya yang mengeluarkan tiket Jurusan Surabaya-Denpasar.Namun jangan salah sangka,yang dimaksud sampai Denpasar bukannya kita naik kereta sampai Pulau Bali karena itu mustahil(secara di Bali kan belum ada kereta).Jadi maksudnya,kita naik kereta sampai stasiun terakhir di Banyuwangi lalu disana sudah disiapkan Bus AC Economy yang siap mengantar kita sampai Denpasar tanpa harus membeli tiket lagi.

*Penginapan :
Nah ,setelah sampai di Bali pasti tujuan utama kita kan mencari Penginapan…disini,saran saya adalah carilah penginapan yang sifatnya Losmen kecil namun lokasinya bagus dan biasanya itu banyak berada di seputaran Pantai Kuta(Jl.Legian).Namun,hendaknya biasakanlah sebelum anda check in untuk melihat sekeliling Losmen tentang kenyamanan Bangunan dan Keamanannya tentunya.Biasanya Losmen semacam ini harganya berkisar antara 80Rb-100Rb per malamnya.

*Makanan :
Nah ,biasanya orang pasti bertanya-tanya(khususnya orang Muslim) bagaimana mencari makanan di warung2 di Bali yang “aman”(“Halal” mungkin maksudnya).Gampang sekali,di sekitaran Losmen itu sekarang sudah banyak warung2 yang penjualnya berasal dari Pulau Jawa dan tentunya masakan yang mereka jual juga menu Jawa seperti Nasi Goreng,Bakso,Nasi Soto,Kare,dan Sate Gule juga sudah banyak bertebaran di sini…hehehehe…mudah kan…jadi tak perlu kuatir masalah ke”aman”annya.Selain Itu masakan Bali juga ada yang aman bin Halal koq,contohnya Ayam Betutu,Sate Penyu,Sate Ikan Laut,Pepes Ikan Laut,dan banyak lagi yang lainnya.

*Rent Car :
Nah ,sampailah kita pada Persewaan Kendaraan.Ya,untuk berkeliling Pulau Bali kita dapat menyewa kendaraan sesuai “kemampuan kita”.Nah Lo maksudnya?Iya,disini kita dapat menyewa 2 macam kendaraan.Yang Pertama adalah Mobil tentunya.Kita dapat memilih banyak jenis mobil sesuai kebutuhan&kemampuan kita,mulai yang Super Mewah sampai yang kelas Kijang Economy…hehehe.
Lalu kalau kita pengen berhemat,kita dapat menyewa “Sepeda Motor”.Nah,ini yang tidak lazim di Pulau Jawa dimana banyak ditemukan “Motor Rent” di Pulau Bali.Mulai dari Moge Harley yang dibandrol sekitar 200Rb’an per harinya sampai Motor Matic yang dibandrol sekitar 50Rb per harinya…Seru kan.
Namun jika ingin berpergian sendiri tanpa pemandu wisata,kita jangan sampai lupa untuk membawa/membeli Peta Pulau Bali agar tidak tersesat…Tul Ga…?

*Menentukan Tujuan Obyek Wisata :
Untuk pemula yang belum pernah ke Pulau Bali sama sekali,saya sarankan untuk mengikuti tips ini.
Banyak sekali Obyek Wisata yang ada di Pulau Bali,Oleh karena itu kita harus pintar2 menentukan pilihan kita agar efektif selama kita disana.
Pertama-tama kita harus menentukan Jenis Obyek Wisata yang Ingin kita kunjungi,disini ada beberapa macam :
Pantai (Kuta,Sanur,Dream Land,Nusa Dua,Tanah Lot,dll)
Danau&Pegunungan (Bedugul,Kintamani,dll)
Pura&Situs2 Purbakala (Pura Besakih,Patung Ganesha,Goa Lawa,Garuda Wisnu Kencana,dll)
Hutan/Taman Satwa (Sangeh,Alas Kedaton,Bali Zoo Park,Taman Kupu2,dll)
Kerajinan&Pertunjukan Sendratari (Sendratari Barong,Pusat kerajinan Gianyar,Pusat kerajinan Emas&Perak Celuk,dll)
Pasar Souvenir(Pasar Sukowati,Pusat kerajinan Airlangga,Joger,dll)
Dan masih banyak yang lainnya
Lalu setelah itu kita tentukan daerahnya.Hendaknya kita menuju tempat Wisata yang satu Wilayah terlebih dahulu dan dimulai dari yang terjauh.Misalnya kita ingin ke Kab.Tabanan,kita harus tau obyek wisata apa aja yang ada disana dan mana yang terjauh.Contohnya adalah yang terjauh dari Tabanan adalah Danau Beratan/Bedugul,setelah dari sana kita mendekat ke Wisata Taman Ayun,lalu ke Alas Kedaton yaitu tempat wisata yang banyak kita temui kera2 Liar di sekitar Pura&Hutan.Setelah itu jika sudah mulai Sore lanjut ke Pantai Tanah Lot untuk melihat Sun Set.Demikian pula untuk hari2 berikutnya.

Itulah beberapa Tips berwisata ke Pulau Bali dengan Biaya nan Ekonomis…Semoga dapat bermanfaat bagi para calon Wisatawan sekalian…Terima Kasih dan Selamat Menikmati Hari2 Indah Bersama keluarga…